7 Batu permata asli termahal di dunia: Ruby, kecubung, zamrud dan lainnya


Ini Dia Aneka Jenis Batu Permata Populer di Dunia

Siapa yang tak setuju kalau batu permata adalah sebuah maha karya yang begitu indah? Batuan ini sering dijadikan sebagai pelengkap perhiasan dengan nilai yang tinggi. Keindahannya memang begitu nyata sehingga batuan ini pun memiliki banyak penggemar.

Bagi Anda yang juga menggemari batu permata, Anda tentu tahu kalau batuan ini punya berbagai jenis. Bukan? Bagi yang belum tahu aneka jenis permata, berikut ada beberapa daftar aneka jenis batu permata yang cukup populer di dunia.

1. Batu Zamrud

Batu zamrud juga disebut dengan Emrald. Batuan ini dapat dibilang jenis permata yang paling populer di dunia. Batuan permata berwarna hijau ini sangat digemari sejak dahulu kala.

Batu ini diakui sangat cantik oleh banyak pecinta perhiasan di seluruh dunia. Para pecinta perhiasan tentu sangat mengidam -idamkan untuk memiliki batu ini. Emrald atau zamrud ini merupakan birthstone yang cocok dipakai oleh siapa saja.

Namun, karena harganya mahal, maka zamrud hanya sering dikenakan oleh para bangsawan, raja-raja dan pembesar negara. Zamrud juga dijadikan sebagai simbol keagungan dan kekuasaan.

2. Batu Nilam/ Batu Sapir

batu nilam disebut juga sebagai safir. Batu nilam ini terkenal cantik karena struktur mineralnya berbentuk kristal tunggal aluminium. Batuan cantik ini berasal dari negara Burma, Srilangka, Thailand, Russia, Afrika dan kalimantan Indonesia.

Batuan permata Nilam yang paling terkenal di dunia adalah blue shaphire atau safir berwarna biru. Struktur mineral dan serat didalamnya membuat batu permata ini punya pancaran cahaya yang berbeda beda dan unik.

3. Batu Panca Nur

Batu Panca Nur atau panca warna ini sejenis batu akik. Ciri utamanya, memang terdapat pada lima warna yang dimilikinya. Jadi, dalam batu ini memancar warna merah, hijau, kuning, hitam, putih.

4. Batu Pairus Turquise

Batu Pairus turquise cukup populer di kalangan pecinta permata. Batuan berwarna biru dan hijau ini memiliki jaluran urat yang menarik dan unik. Dalam batu pirus terdapat campuran mineral tembaga, aluminium dan besi.

Mineral inilah yang memberikan warna indah pada batuan permata ini. Batu Pairus dengan warna yang semakin biru menunjukkan bahwa kandungan tembaga di dalamnya tinggi. Jika warna hijau yang menonjol, artinya kandungan besi dalam batu tersebut yang tinggi.

5. Batu Hakikat

Batu Hakikat merupakan sebuah batu pegunungan. Banyak orang yang mengatakan bahwa batu hakikat ini bersal dari batu lumut. Batu ini memang cukup unik lantaran di dalam batuannya, terdapat sejumlah tumbuhan lumut. Hal ini juga membuat batu hakikat tampak cantik dan spesial

6. Batu Ruby atau Merah Delima

Batu merah delima adalah nama julukan populernya di Indonesia. Kalau di ranah perhiasan internasional, batuan ini lebih dikenal dengan nama batu ruby. Batu ruby ini sering disebut batu merah delima karena warnanya yang memang merah menyala.

Batu ruby ini begitu populer karena dianggap menggambarkan perasaan cinta, kuasa dan kemegahan. Karenanya, batuan ini pun juga sering disebut sebagai raja segala batu permata atau sering dijuluki “king of germstone”.

7. Amethyst atau Batu Kecubung

Amethyst adalah nama populernya di dunia. Kalau di Indonesia, batuan ini sering dikenal dengan nama batu kecubung. Batu kecubung mempunyai warna yang begitu cantik dan menarik, yakni warna ungu.

Amethyst ini telah digemari oleh para pecinta batuan permata lantaran kecantikannya. Selain itu, masyarakat jaman dulu, hingga kini, banyak yang beranggapan bahwa batuan ini juga punya khasiat hebat dalam kesehatan.