8 Jenis batu cincin terpopuler termahal dan khasiatnya dari Papua dan Aceh


Mengenal 8 Aneka Jenis Batu Cincin Paling Populer

Apakah Anda termasuk penggemar cincin yang bertahtakan bebatauan cantik? Ya, akhir -akhir ini, cincin berhiaskan batu memang sedang trend. Aneka cincin dengan hiasan batu ini lebih akrab disebut dengan cincin batu akik.

Batu akik alias batu permata bahkan telah menjadi trend dan gaya hidup dari banyak masyarakat Indonesia. Buat Anda penggemar batu cincin, Anda tentu harus tahu tentang aneka jenis batu cincin yang populer di Indonesia bukan?

Berikut adalah referensi daftar aneka jenis batuan yang banyak digunakan sebagai cincin.

a. Batu Cincin Bacan

Batu cincin bacan adalah jenis batu akik yang asli berasal dari Indonesia. Batu bacan banyak ditemukan di wilayah Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara, tepatnya di Desa Doko dan Desa Palamea.

Dari kedua desa inilah, batu bacan banyak dicari oleh para kolektor. Batu ini memang sangat cantik. Untuk batu bacan Doko, warnanya hijau gelap, sedangkan jenis batu bacan Palamea berwarna hijau kebiruan.

Popularitas batu bacan ini telah diakui. Bahkan, harga batu bacan ini dianggap yang paling mahal di Indonesia karena bisa mencapai puluhan juta rupiah.

b. Batu Cincin Safir

Batu Safir atau Saphirre adalah jenis batu permata yang sangat dikagumi di seluruh dunia. sayangnya, batu alam yang begitu indah ini memiliki harga selangit. Batu safir termasuk mineral yang juga sering disebut corundum.

Safir memiliki variasi warna yang begitu cantik dan menarik. Ada batu safir berwarna jingga, biru, hijau, ungu, kuning juga merah muda. Masing -masing warnanya begitu cantik dan punya pengagum tersendiri.

c. Batu Cincin Zamrud

Batu zamrud juga termasuk salah satu jenis batu cincin yang cukup populer di Indonesia, bahkan di dunia. Batu Zamrud atau Emerald ini adalah jenis permata yang mempunyai warna hijau bening hingga hijau tua.

Warnanya begitu cantik sehingga harganya pun terbilang mahal. Permata indah ini mempunyai tingkat kekerasan di angka 7.5 pada skala mohs. Para penggemar perhiasan, Batu zamrud dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian.

d. Batu Cincin Ruby

Batu cincin Ruby juga dikenal dengan nama batu Mirah atau Merah Delima. Jenis batuan ini mempunyai penggemar yang cukup banyak Indonesia karena kilaunya yang menawan. Harga batu k di Indonesia. Harga batu cincin Ruby juga relatif mahal.

e. Batu Cincin Topaz

Batu Topaz adalah jenis batuan yang begitu cantik dengan variasi warna yang kaya. Ada batu topaz warna kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Batu ini sering ditemukan di beberapa wilayah negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko serta beberapa negara lain.

f. Batu Cincin Opal (Kalimaya)

Batu cincin opal juga sering dijuluki sebagai batu kalimaya. Jenis batu ini pun memiliki banyakpeminat di kalangan kolektor mau pun penghobi. Hal ini sebetulnya tidak mengherankan lantaran batu ini memang sangat indah.

Batu ini sungguh mempesona karena mampu mengeluarkan aneka macam warna indah. Batu Opal banyak ditemukan di wilayah Banten. Harga dari batu Kalimaya ini pun relatif mahal, yakni sekitar US$ 2.500 dollar per karat.

g. Batu Cincin Sungai Dareh

Batu akik Sunge Dare atau Sungai Dareh atau Sungai Deras dikenal sebagai batuan cicnin paling mahal di Indonesia. Batu yang berasal dari pulau Sumatera Barat dan Sumatera Selatan ini pun sering jadi incaran para penghobi maupun kolektor. Soal harga, batu Sungai Dareh yang berkualitas tinggi ini pun terbilang mahal.

h. Batu Cincin Giok

Batu Giok atau Jade adalah jenis batuan cincin yang populer karena sifatnya yang anti luntur. Selain itu, giok juga tampil cantik dengan nuansanya yang khas berwarna hijau.