8 Logam terbaik untuk cincin pernikahan: Emas kuning / putih, zirconium hitam dll


8 Logam Terbaik untuk Membuat Cincin Pernikahan

Pernikahan tentu akan menjadi sebuah momen istimewa bagi siapa pun. Nah, kalau Anda hendak melangsungkan pernikahan, pasti ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan bukan? Mulai dari lokasi untuk pesta, hidangan, tamu, souvenir, dan yang tak boleh ketinggalan adalah mas kawin serta cincin pernikahan.

Dari deretan perlengkapan pernikahan ini, sepertinya cincin menjadi salah satu hal paling pokok yang tak boleh terlewatkan. Cincin pernikahan adalah sebuah simbol ikatan bagi suatu pernikahan yang begitu berharga.

Karena sangat berharga dan penting, maka Anda tentu ingin cincin pernikahan Anda dibuat begitu istimewa bukan? Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui aneka bahan logam terbaik yang dapat dijadikan sebagai cincin pernikahan Anda.

Berikut terdapat beberapa referensi lima logam terbaik yang siap untuk dijadikan sebagai cincin kawin istimewa di hari istimewa Anda.

1. Cincin Emas Kuning

Kalau cincin emas kuning, Anda tentu sudah sangat akrab bukan? Cincin satu ini memang jadi pilihan paling umum untuk cincin pernikahan. Emas kuning dikenal sebagai logam mulai yang tahan terhadap perubahan kimia alias tidak dapat terkorosi.

Karena kualitanya ini, emas kuning pun sangat ideal untuk dijadikan sebagai bahan dasar cincin yang melengkapi hari istimewa Anda.

2. Cincin Emas Putih

Seperti emas kuning, sifat emas putih juga anti korosi. Saat ini, emas putih juga cukup populer sebagai cincin untuk pernikahan. Tampilannya cenderung lebih modern ketimbang emas kuning.

Sinarnya terbilang lembut dan begitu indah. Cincin emas putih ini juga biasanya lebih kuat karena umumnya menggunakan bahan lapisan rhodium yang awet dan kuat.

3. Cincin Platinum

Cincin platina jadi pilihan menarik untuk sebuah cincin. Platina hingga 95 murni akan menghasilkan cincin yang sangat kuat. Cincin yang relatif berat ini juga sangat tahan terhadap korosi dan jarang sekali menyebabkan alergi.

Namun, kelangkan platina dan permintaannya yang tinggi membuat platina relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan emas.

4. Cincin Perak

Perak juga terbilang populer sebagai bahan baku perhiasan. Walau pun perak lebih rentan pudar dan lebih tidak tahan gores dibanding logam lainnya. Namun, kilau perak pun terlihat begitu cantik dan menawan.

Apalagi, kini perak banyak yang dibuat dengan lapisan rhodium. Lapisan ini membuat cincin perak dapat lebih kuat terhadap noda dan goresan. Menariknya lagi, harga perak relatif lebih murah ketimbang emas.

5. Cincin Titanium

Titanium adalah logam yang sangat istimewa. Logam ini memang bukan logam mulia. Tapi logam ini terkenal ringan dan kuat. Umumnya, titanium digunakan sebagai bahan pembuat otomotif. Tapi, cincin tatinium pun ternyata bisa menghasilkan kilau yang menawan.

6. Cincin Tungsten

Tungsten merupakan jenis logam berat yang menarik. Logam ini dikenal paling tahan gores dibanding logam lain. Banyak yang menyukai sifat anti gores tungsten. Tapi bagi Anda yang senang menggunakan cincin sepanjang waktu, tanpa sesekali dilepas, cincin ini tidak disarankan.

Pasalnya, saking kerasnya logam ini tidak dapat dipotong dengan cara yang sama seperti memotong emas atau perak. Logam ini harus dipotong dengan teknologi laser.

7. Cincin Zirconium Hitam

Dari segi kekuaran dan berat, zirkonium sangat mirip dengan titanium. Logam ini juga memiliki kilau yang cantik. Kini, zirkonium hitam sangat popular di industri perhiasan karena perhiasan dari zirconium hitam sangat kuat, dan resisten terhadap korosi serta goresan.

8. Cincin Palladium

Palladium terkenal memiliki warna yang indah. Cincin dari log mini pun terbilang awet. Sifatnya, hampir mirip dengan platinum. Namun, palladium relatif lebih murah ketimbang platinum atau emas.