Cara memilih sepasang model cincin tunangan berlian

Cincin tunangan saat ini bukan hanya sebagai penanda atau identitas Anda yang bisa membuat orang lain mengetahui apakah Anda sudah bertunangan atau menikah. Saat ini banyak sekali tersedia bentuk atau model-model cincin tunangan berlian yang pastinya akan membuat Anda bingung untuk memilihnya.

Saat ini bentuk cincin bukan hanya berbentuk lingkaran polos saja. Tetapi kini banyak sekali variasi-variasi yang diberikan pada cincin tersebut sehingga cincin tersebut menjadi lebih unik dan lebih indah. Mulai dari kombinasi warna, motif, hingga ornamen-ornamen kecil yang ada pada cincin tersebut.

Semakin unik dan semakin rumit desain pada sebuah cincin, maka semakin tinggi pula harga cincin tersebut. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih cincin tunangan berlian agar Anda tidak salah pilih. Sedikit saja Anda salah langkah, bisa saja Anda tertipu dan mendapatkan cincin berlian dengan kualitas yang jelek tetapi Anda membayarnya dengan harga selangit.

Nah, untuk menghindari hal menjengkelkan tersebut, sebenarnya ada beberapa hal sepele yang perlu Anda perhatikan saat Anda memutuskan untuk membeli sepasang cincin tunangan.

1. Cari Referensi Sebanyak Mungkin

Biasanya Anda kebingungan saat mencari cincin tunangan adalah karena Anda “langsung tembak” tanpa melakukan research terlebih dahulu tentang cincin berlian sebelumnya. Padahal sebenarnya Anda bisa mencari berbagai informasi tentang cincin berlian dengan sangat mudah dari internet, majalah, atau dari katalog toko-toko penjual cincin berlian.

Dengan memiliki referensi yang cukup, Anda berarti sudah siap turun ke jalan untuk mencari cincin tunangan berlian yang paling sesuai bagi Anda dan pasangan Anda.

2. Pilih Desain yang Sesuai Budget

Desain cincin berlian sangat banyak sekali pilihannya. Tersedia pilihan mulai dari yang desainnya simpel sampai yang desainnya sangat unik dan menawan. Akan tetapi, setiap desain tentu memiliki harga yang berbeda-beda. Semakin rumit desain atau motif yang ada pada cincin tersebut biasanya harganya juga akan semakin mahal.

Begitu pula sebaliknya, untuk cincin berlianyang tidak terlalu muluk, harganya biasanya tidak terlalu mahal. Jadi, sesuaikanlah budget yang Anda sediakan dengan pilihan desain yang menurut Anda paling pas dipakai dan dibayar.

3. Tentukan Model Cincin Secara Spesifik

Setelah desain atau model cincin telah Anda tentukan, pilihlah model cincin yang lebih spesifik lagi dan mulai eliminasi model-model cincin tunangan berlian yang tidak Anda inginkan. Setelah tersisa satu, itulah yang menjadi pilihan Anda dan pasangan Anda untuk dipakai di hari pertunangan nanti. Maka dari itu, berdiskusilah bersama pasangan Anda agar Anda bisa menentukan pilihan yang tepat.

4. Lakukan Fitting

Ketika Anda membeli cincin berlian, jangan hanya dilihat saja. Tetapi cobalah meminta izin kepada penjual untuk mencobanya. Cari ukuran cincin yang cocok dengan jari Anda dan pasangan Anda. Jangan sampai nanti ketika dipakai justru terlalu kecil atau terlalu besar.

5. Tambah Pengetahuan Mengenai Berlian

Jika Anda masih awam tentang cincin berlian, cobalah untuk mencari referensi lain tentang jenis-jenis berlian atau tentang berlian agar Anda tahu seluk beluknya. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari penipuan yang mengatakan bahwa sebuah cincin adalah berlian, padahal bukan. Dengan pengetahuan tentang berlian, Anda pasti bisa membedakan berlian yang asli dan yang palsu.

Nah, itu tadi adalah lima tips tentang cara pemilihan cincin tunangan berlian untuk pertunangan Anda dan pasangan Anda. Semoga bermanfaat.