Memilih cincin tunangan perak dan cara merawatnya

Tips Memilih dan Merawat Cincin Tunangan Perak

Dalam memilih cincin tunangan, tentu Anda tidak ingin sembarangan, bukan? Selain untuk kepuasan pribadi, Anda tentunya tidak ingin mengecewakan pasangan Anda dengan cincin pilihan Anda. Nah, salah satu cincin yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda adalah jenis cincin tunangan perak.

Mungkin jenis cincin tunangan emas putih atau cincin tunangan emas kuning sudah terlalu umum dan terlalu sering dipakai orang-orang. Maka dari itu tidak ada salahnya jika Anda memilih cincin berbahan perak ini. Toh, sebenarnya cincin tunangan hanyalah sebagai perlambang bahwa Anda sudah bertunangan dengan pasangan Anda.

Sedangkan yang menjadi tanda yang sebenarnya adalah rasa cinta dan rasa percaya Anda dan pasangan Anda satu sama lain, yang tentunya tidak bisa dilihat secara kasat mata oleh orang lain.

Kembali lagi ke pembahasan cincin tunangan perak. Sebelum memutuskan untuk memilih sepasang cincin perak untuk Anda dan pasangan Anda, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar pilihan Anda tidak meleset dan tidak mengecewakan, diantaranya.

1. Jangan berdebat dengan pasangan Anda, karena justru akan menimbulkan perbedaan. Tidak bagus tentunya jika nantinya Anda dan pasangan Anda memakai cincin yang berbeda, bukan? Maka dari sebaiknya salah satu mengalah dan menuruti keinginan salah satunya.

2. Sesuaikan anggaran membeli cincin dengan isi dompet Anda. Jangan terlalu berlebihan apalagi memaksakan kehendak untuk membeli cincin dengan harga selangit yang mungkin akan sulit Anda jangkau harganya.

3. Sesuaikan bentuk cincin dengan bentuk jari Anda dan pasangan Anda. Jika misal jari Anda atau pasangan Anda bentuknya kecil, maka jangan pilih cincin tunangan perak yang bentuknya lebar karena tidak akan enak dilihat.

Nah, itu tadi adalah tiga hal yang mungkin perlu menjadi pertimbangan khusus bagi Anda ketika Anda akan membeli sepasang cincin tunangan untuk Anda dan pasangan Anda. Selain itu, ada satu hal lagi yang harus menjadi perhatian Anda ketika Anda membeli cincin berbahan dasar perak.

Kadar perak yang paling pas dan paling cocok digunakan sebagai perhiasan adalah sebesar 92,5 persen dan 7,5 persen tembaga. Mengapa tidak seklaian 99 persen atau 100 persen? Alasannya adalah, jika kadar perak terlalu tinggi, maka kadar kemurniannya secara otomatis juga akan tinggi. Dan jika kadar kemurniannya tinggi, perhiasan tersebut justru akan lunak.

Untuk sebuah perhiasan tentu sangat tidak bagus jika teksturnya lunak. Berbeda halnya jika Anda membeli perak batangan. Perak batangan memiliki dua jenis, yakni yang memiliki tingkat kemurnian mencapai 99,9 persen dan 99,95 persen. Semakin tinggi tingkat kemurniannya, maka semakin bagus pula kualitas perak batangan tersebut.

Bagaimana? Apakah penjelasan tentang bagaimana cara pemilihan cincin tunangan perak di atas sudah cukup jelas? Jika sudah, sekarang kita akan membahas tentang bagaimana cara merawat cincin perak Anda agar lebih tahan lama.

Setelah Anda memutuskan untuk membeli cincin perak, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara perawatannya. Cara perawatan cincin perak sebenarnya tidaklah sulit. Untuk membuat cincin perak Anda tetap terlihat seperti baru, yang Anda butuhkan hanyalah sabun cuci piring dan sikat gigi (bekas).

Jika cincin tersebut asli, maka Anda tinggal gosok saja cincin yang sudah dilumuri oleh sabun cuci piring tersebut. Dengan demikian cincin tunangan perak Anda akan terlihat seperti baru lagi. Sedangkan jika cincin Anda palsu, bisa jadi justru warnanya akan luntur. Maka dari itu berhati-hatilah dalam memilih cincin perak.