Sebelum beli cincin tunangan titanium, perhatikan ini

Banyak sekali jenis cincin tunangan, mulai dari cincin tunangan titanium, perak, emas putih, emas kuning, hingga jenis berlian. Cincin tunangan adalah sebuah tanda yang menjadi identitas status Anda yang menempel di tangan kiri Anda. Ketika orang lain melihat Anda memakai cincin di jari tangan kiri Anda, orang lain pasti akan beranggapan bahwa Anda sudah bertunangan atau sudah dilamar. Maka dari itu, cincin tunangan adalah hal yang sangat penting dalam sebuah momen pertunangan.
Letak pemakaian cincintunangan juga sebenarnya tidak ada patokan tertentu. Tetapi pada umumnya cincin pasti pakai di jari manis. Hal ini disebabkan karena konon pembuluh nadi mengalir dari jari manis ke jantung, dan cinta yang dilambangkan oleh cincin tunangan tersebut pun akhirnya ikut mengalir ke seluruh tubuh. Luar biasa, bukan?

Akan tetapi apapun jenis cincin tunangan Anda, baik cincin tunangan titanium, perak, ataupun berlian, tentu tidak akan menarik jika Anda tidak pandai memilihnya. Ada beberpa hal yang perlu Anda perhatikan dalam pemilihan cincin. Nah, coba perhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Miliki pengetahuan tentang bagian-bagian cincin. Hal ini perlu agar Anda tidak bisa tertipu oleh penjual cincin yang nakal.

2. Miliki referensi tentang model-model cincin terbaru. Anda mungkin bisa mencarinya di internet, majalah, atau di buku katalog toko-toko emas atau perhiasan.

3. Setelah punya banyak referensi dan pengetahuan tentang cincin, segera pilih cincin yang sesuai dengan keinginan Anda dan pasangan.

4. Sesuaikan jumlah budget dengan kemampuan Anda. Kalau bisa dalam membeli cincin ini jangan sampai terlalu berlebihan apalagi memaksakan. Ingat, masih ada keperluan lain yang masih perlu Anda urus lagi dan membutuhkan biaya.

5. Lakukan fitting atau pengukuran cincin. Hal ini akan lebih mudah jika Anda mencari cincinnya bersama pasangan Anda. Dengan demikian, Anda dan pasangan Anda bisa memilih cincin yang ukurannya memang pas dengan jari Anda berdua.
6. Beli cincinnya.

Setelah dibeli, apa yang harus Anda lakukan? Ya tentu saja saling mencintai dan saling menjaga sampai akhirnya Anda berdua menikah nanti. Apapun jenis cincin yang Anda pakai bersama pasangan Anda, baik cincin tunangan titanium, perak, emas, ataupun berlian, itu semua hanyalah simbol saja. Dan yang paling utama adalah rasa cinta Anda.

Memangnya apa perbedaan dari cincin titanium, emas, ataupun perak? Mari kita ulas secara singkat satu per satu.

1. Emas
Emas adalah logam mulia yang memang sudah digunakan untuk bahan perhiasan sejak dahulu kala. Secara ekonomi, harga emas memang naik turun, jadi Anda sepertinya akan sulit memprediksikan berapa harga cincin emas di pasaran. Biasanya emas dijual berdasarkan berat dan karatnya. Semakin berat dan semakin tinggi karatnya, tentu harganya makin mahal.

2. Titanium
Selanjutnya adalah cincin tunangan titanium. Titanium wujudnya hampir mirip dengan platinum. Kekurangan dari cincin titanium adalah, sudah paten dan tidak bisa diubah lagi ukurannya karena logam titanium terkenal sangat keras.

3. Perak
Nah, perhiasan perak ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin cincin tunangan berwarna putih. Selain itu, harganya juga lebih murah karena logam perak relatif lebih lunak. Warnanya pun mirip dengan emas putih, dan saat ini banyak cincin perak yang memiliki berbagai macam motif.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips memilih cincin serta penjelasan tentang perbedaan cincin tunangan titanium, emas, dan perak. Semoga bermanfaat.