Di jari manakah letak cincin tunangan? Ini yang benar

Tempat Cincin Yang Benar Ditangan / Jari Sebelah Mana?

 

Sebelum membahas tentang letak cincin tunangan yang benar, kita bahas dulu tentang apa itu pertunangan? Pertunangan seolah menjadi hal wajib dan sakral yang dilakukan oleh pasangan yang sudah serius menjalani hubungan dan memang ingin melanjutkannya ke jenjang pernikahan.

Semua orang pasti ingin bahagia bersama pasangannya, dan momen pertunangan pasti menjadi salah satu momen yang paling membahagiakan bagi semua pasangan, karena setelah bertunangan biasanya setiap pasangan memiliki komitmen untuk saling menjaga kepercayaan hingga akhirnya sama-sama melangkah ke pelaminan untuk membangun sebuah keluarga baru.

Sama halnya dengan momen pernikahan, ada banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses pertunangan. Meskipun tidak serumit prosesi pernikahan, tetapi tetap saja pertunangan membutuhkan persiapan yang matang agar segala sesuatunya berjalan dengan baik sesuai dengan yang Anda impikan bersama pasangan Anda. Dan salah satu hal yang tidak boleh dilupakan dalam sebuah momen pertunangan adalah cincin tunangan.

Cincin tunangan menjadi sebuah benda wajib dan mutlak yang harus tersedia ketika Anda dan pasangan Anda bertunangan. Hal ini disebabkan karena cincin tersebutlah yang menjadi simbol yang mengikat Anda dan pasangan Anda agar tidak “lepas” sampai pada saat pernikahan nanti. Sekarang kita skip dulu pembahasan tentang letak cincin tunangan. Mengapa cincin tunangan begitu penting?

Model cincin tunangan yang dipakai oleh Anda dan pasangan Anda ketika bertunangan nantinya, tentu sesuai dengan selera Anda dan pasangan Anda. Dan setiap orang tentu memiliki selera yang berbeda satu sama lain. Akan tetapi, kesesuaian antara cincin yang Anda pilih dengan keinginan Anda dan pasangan tentu harus diselaraskan agar tidak mengecewakan nantinya.

Maka dari itu, mulai dari kualitas, model, hingga ukuran cincin harus dipertimbangkan baik-baik agar Anda mendapatkan cincin yang sesuai dengan keinginan Anda dan pasangan Anda.

Setelah mendapatkan cincin tunangan, kini giliran Anda dan pasangan Anda saling memasangkan cincin dijari masing-masing. Anda memasangkan ke jari pasangan Anda, dan pasangan Anda memasangkan cincin ke jari Anda. Namun masih banyak pertanyaan tentang dimana letak cincin tunangan yang benar. Jika ditelaah dan dilihat dari generasi ke generasi, pemakaian cincin tunangan biasanya diletakkan di jari-jari tangan kiri.

Akan tetapi, sebenarnya letak cincin itu tergantung selera Anda masing-masing. Cincin tunangan tersebut pada dasarnya adalah identitas Anda agar orang mengetahui apa status Anda. Dan sebenarnya alasan mengapa orang harus menentukan letak cincin yang benar adalah agar orang bisa mengidentifikasi status Anda, apakah Anda masih lajang, sudah bertunangan atau sudah menikah.

Kebanyakan orang memang memakai cincin tunangan di jari tangan kiri, dan budaya Jawa pun menyarankan agar seseorang memakaikan cincin tunangan di tangan kiri dan cincin pernikahan di tangan kanan. Jadi ketika Anda melihat ada seseorang yang memakai cincin di tangan kirinya, berarti mungkin itu adalah letak cincin tunangan.

Dan mungkin ia baru melakukan prosesi lamaran dan belum menikah. Sedangkan jika Anda melihat cincin dipakai di tangan kanan, mungkin saja dia memang sudah menikah.

Mengapa mungkin? Apakah berarti belum pasti? Ya, tentu saja, karena biasanya ada juga orang yang iseng memakai cincin di kiri atau di kanan. Jadi setelah Anda mengetahui teori ini, janganlah memakai cincin yang bukan cincin tunangan atau pernikahan di sembarang jari agar orang lain tidak salah menerka dan menebak status Anda setelah melihat letak cincin tunangan Anda.