Pilih cincin nikah unik emas putih titanium palladium atau berlian, simak ini

cincin nikah unik


4 Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Cincin Nikah

Mempersiapkan sebuah pernikahan adalah hal yang paling menyenangkan bagi setiap pasangan bukan? Walau tentu saja persiapan pernikahan ini akan cukup menguras tenaga, pikiran, dan juga biaya, tapi proses ini akan terasa nikmat ketika hasilnya pun memuaskan.

Hari nan bahagia dan istimewa ini memang harus dipersiapkan dengan sangat matang. Nah, bagi Anda yang hendak melangsungkan pernikahan, ada satu hal yang tak boleh Anda lupakan dalam proses persiapan ini, yakni cincin.

cincin nikah unik

Cincin nikah memang merupakan hal paling vital dalam pernikahan bukan? Materi persiapan pernikahan lain mungkin bisa Anda serahkan pada orang lain, baik itu keluarga atau pun wedding organizer. Tapi untuk memilih cincin pernikahan, seharusnya Anda harus memilihnya sendiri.

Memilih cincin pernikahan sepertinya memang hanya hal mudah. Padahal, tidak demikian. Sebelum Anda memilih cincin nikah ini, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan agar cincin yang akan Anda gunakan seumur hidup ini betul -betul tepat dan memuaskan.

Berikut terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sehingga pemilihan cincin pernikahan Anda dapat sukses.

1. Beli cincin pernikahan Anda enam bulan sebelum hari H

Persiapan yang panjang sebetulnya adalah hal yang wajib. Ya, membeli cincin pernikahan sebaiknya memang dilakukan jauh jauh hari sebelum hari H. Idealnya, enam bulan sebelumnya.

Hal ini adalah langkah antisipasi ketika cincin yang Anda inginkan tidak sesuai dengan ukuran jari. Membuat cincin baru yang sesuai dengan ukuran jari, baik diperbesar atau diperkecil membutuhkan waktu.

Paling cepat, toko perhiasan membutuhkan waktu hingga 45 hari kerja untuk membuat cincin baru. Beberapa toko bahkan perlu waktu yang lebih lama. Belum lagi, kalau jumlah pemesan cincin sangat banyak, Anda mungkin berada di antrian terakhir.

Beberapa pasangan mungkin memang ingin membuat sendiri cincin yang sesuai. Untuk kepercayaan agama tertentu, para pria tidak diperbolehkan menggunakan emas. Jadi, cincin untuk suami dibuat dari bahan perak. Hal ini tentu juga perlu waktu bila Anda memesannya.

2. Desain yang Tepat untuk Kedua Mempelai

Desain yang tepat bagi mempelai laki -laki dan perempuan harus dipertimbangkan. Jangan sampai cincin yang Anda pilih hanya terlihat indah saat dikenakan mempelai perempuan, namun terlihat terlalu feminin bila dikenakan sang pria.

Desain yang tepat ini juga perlu mempertimbangkan profesi pengantin. Misalnya, apakah pekerjaannya di lapangan? Kalau mempelai pria adalah insinyur di area pengeboran minyak, maka sebaiknya desain yang dipilih sederhana dan kokoh.

Bila cincin bertahtakan batu permata, sebaiknya batu tersebut ditanam di dalam cincin agar melekat lebih kuat. Berbeda dengan pemilihan cincin bagi seorang pekerja kantoran bukan?

3. Material Cincin

Anda juga perlu mempertimbangkan material untuk membuat cincin. Apakah cincin tersebut perlu mata berlian, serta bahan dan warna cincin yang diinginkan. Baiknya, semua hal ini disesuaikan dengan selera calon pengantin.

Ada pilihan emas kuning, emas putih, rose gold, perak, palladium, platinum dan lainnya. Selera dan desain harus benar -benar dipertimbangkan karena cincin ini akan dipakai selamanya bukan?

4. Dana yang Tersedia untuk Cincin

Dana juga merupakan hal terpenting yang perlu dipertimbangkan dalam persiapan ini. Rata -rata dana untuk sepasang cincin pernikahan adalah Rp 5 juta hingga Rp 20 juta. Harga ini bergantung pada bahan dan desain yang digunakan.

Yang terpenting sebetulnya bukan harganya yang mahal. Tak masalah jika harganya tak terlalu mahal. Yang lebih penting, modelnya cocok. Model dan material yang pas di tangan harusnya jadi pertimbangan utama.