Pilih cincin perak couple pria wanita di Bali, Kotagede Jogja, Bandung, Malaysia murah? Ini 4 caranya

4 Cara Pintar Memilih Cincin Perak

Mengenakan sebuah perhiasan menjadi kesenangan tersendiri bagi sebagian orang. Terutama sih, bagi para wanita. Wanita memang terkenal sebagai si penyuka keindahan. Akan tetapi, bukan berarti para pria juga tidak suka dengan perhiasan.

cincin perak couple pria wanita di Bali, Kotagede Jogja, Bandung, Malaysia

Hanya saja, pria yang mengenakan perhiasan, apalagi perhiasan tersebut berlebihan, memang terkesan terlalu feminim. Tentu saja pria yang feminim terlihat tidak menarik menurut pandangan umum bukan?

Namun, ini tidak berarti kalau pria tidak pantas menggunakan perhiasan ya? Perhiasan paling umum yang mungkin dapat dikenakan oleh para pria biasanya adalah cincin. Nah, cincin ini pun tak sembarangan.

Kalau akhir -akhir ini sih, cincin yang disukai para kaum adam kebanyakan adalah cincin batu akik. Cincin akik ini memang sempat populer sehingga membuat harganya melonjak tinggi.

Selain cincin dengan bebatuan akik, ada juga cincin yang sudah lama populer dan ajeg mendapat penggemar dari para pria. Ya, cincin perak sepertinya bersifat lebih netral. Baik para pria mau pun wanita, banyak yang menyukai cincin perak.

Kilau perak yang putih lembut, serta harganya yang relatif murah memang jadi keunggulan tersendiri. Bagi Anda yang juga tertarik untuk mengenakan cincin perak, Anda perlu memperhatikan beberapa tips pintar berikut sebelum membelinya.

A. Atur Target Budget Anda

Nah, sepertinya, budget atau harga adalah hal utama yang perlu dipikirkan sebelum Anda membeli sesuatu, termasuk cincin yang terbuat dari perak. Harga perak memang umumnya jauh lebih murah ketimbang emas.

Tapi, bukan berarti perak ini berharga sangat murah dan bisa dibeli secara asal -asalan saja. Harga perak di pasaran cukup bervariasi. Tidak seperti emas yang memiliki patokan umum yang lebih pasti, perak di satu toko dengan lainnya memiliki harga yang bisa sangat berbeda.

Jadi, Anda bisa menentukan target budget, lalu menentukan toko mana yang menyediakan perak dengan harga yang dapat Anda jangkau. Selain itu, berapa gram perak yang dapat Anda beli dengan budget tersebut juga akan lebih jelas.

B. Perkaya Info Seputar Perhiasan Perak

Informasi seputar cincin perak memang penting untuk Anda gali lebih jauh. Misalnya saja, kenapa harga perak bisa berlainan? Pada dasarnya, perak memiliki beberapa jenis. Ada sterling silver, silver plate dan juga plain silver.

Tiga jenis perak ini adalah jenis perak yang paling banyak dijual dipasaran. Perbedaannya, terletak pada campurannya. Untuk sterling silver, terdiri dari 92.5% logam perak dengan sisanya adalah campuran dari logam lain.

Jenis sterling silver ini pula yang paling sering digunakan sebagai bahan untuk cincin serta perhiasan lain. Perak ini cukup tahan lama.

C. Perhatikan Desain yang Pas Buat Anda

Desain tentu saja merupakan hal yang penting dalam menentukan cincin yang mana yang hendak Anda beli. Beruntungnya, desain cincin dari perak biasanya cukup kaya dan variatif.

Sebagian cincin dibuat dengan desain yang antic dan klasik. Sementara desain lainnya bisa lebih modern dan unik. Untuk menentukannya, Anda harus menyesuaikan dengan selera, penampilan dan fungsionalnya.

D. Apa itu Tarnish dan Patina pada Perak?

Ya, perak yang digunakan sebagai perhiasan dikenal dalam dua jenis, dilihat dari segi warnanya. Ada perak tarnish dan perak patina. Keduanya memang sama -sama perak, hanya saja kalau perak tarnish, terdapat warna atau noda keabuan pada logam tersebut.

Sementara itu, perak patina mempunyai warna yang kecoklatan atau kehijauan. Warna ini timbul akibat oksidasi. Karena warna ini pula, maka tampilan perhiasan ini terlihta seperti perhiasan antic.

Jika dilihat dari segi harga, perak patina umumnya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan perak tarnish.