Pentingnya pemilihan sepasang cincin tunangan yang tepat

Pemilihan sepasang cincin tunangan yang tepat tentu menjadi suatu hal yang sangat penting dalam sebuah momen tunangan. Tunangan atau lamaran adalah salah satu prosesi penting dalam sebuah hubungan. Setelah itu, barulah para pasangan ini biasanya memutuskan untuk lanjut ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu pernikahan, ketika semuanya sudah dipersiapkan secara matang.

Maka dari itu proses pertunangan ini juga tidak boleh disepelekan dan dianggap tidak penting. Mungkin jika Anda melihat di FTV Anda akan melihat bahwa momen tunangan ini layaknya momen pernikahan yang membutuhkan segala sesuatu yang mewah dan megah. Jika Anda mampu, silahkan. Tetapi jika Anda menginginkan proses yang lebih sederhana, tentu bukan masalah.

Pasalnya yang menjadi hal penting dalam momen pertunangan ini adalah pemberian cincin dari pihak pria dan wanita. Jika Anda masih belum mampu, sebenarnya tidak apa-apa karena pada dasarnya tunangan adalah proses pemantapan untuk menuju tahap selanjutnya. Tunangan merupakan tahapan di mana sepasang kekasih harus semakin mencintai satu sama lain, semakin percaya, dan memiliki komitmen untuk menuju ke tahapan pernikahan.

Akan tetapi memang tak bisa dipungkiri bahwa pemilihan sepasang cincin tunangan memang sangat penting. Jika Anda salah memilih cincin tunangan, bukan hanya Anda saja yang akan kecewa. Tetapi Anda pasti akan membuat pasangan Anda juga kecewa dengan pilihan Anda. Maka dari itu, pemilihan cincin tunangan harus dilakukan dengan benar. Untuk itu, cobalah ikuti beberapa tips sederhana berikut ini.

1. Mencari Kesamaan yang Sama dengan Pasangan
Jika pasangan Anda dan Anda memiliki hal favorit yang berbeda, carilah suatu hal yang sama. Jika selera Anda dan pasangan Anda berbeda, apakah nantinya cincin tunangan Anda akan berbeda? Tentu tidak, bukan? Sepasang cincin tunangan Anda harus tetap sama agar tampak serasi.

Maka dari itu, temukan kesamaan selera antara Anda dan pasangan Anda agar bisa mendapatkan model cincin yang cocok dan pas untuk Anda berdua.

2. Menentukan Anggaran
Menentukan anggaran untuk pembelian cincin ini juga cukup penting untuk dilakukan. Agar pengeluaran Anda tetap terkontrol dengan baik, anggaran yang sudah ditentukan ini tentunya tidak akan mengganggu anggaran yang digunakan untuk keperluan lain. Syukur-syukur kalau anggaran untuk membeli cincin ini masih tersisa, tentu bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat.

3. Tentukan Pilihan
Setelah Anda telah menemukan selera yang sama dengan pasangan Anda dan telah menentukan model sepasang cincin tunangan seperti apakah yang akan Anda beli, segera pilih satu model cincin dan kunci pilihan tersebut.

Jikalau masih ingin diubah, sekurang-kurangnya ubahlah dalam waktu satu minggu sebelum hari H atau dalam waktu yang tidak terlalu mepet dengan hari H. Setelah menentukan anggaran atau budget, tentu langkah pemilihan ini juga akan lebih terbatas dan Anda akan lebih mudah lagi memilihnya.

4. Cari Ukuran yang Tepat
Setelah sepakat tentang modelnya, lalu menentukan budget, dan menentukan satu pilihan yang sudah dikunci, carilah ukuran cincin tersebut yang sesuai dengan ukuran jari Anda dan pasangan Anda. Jika perlu carilah toko perhiasan yang juga menyediakan jasa membetulkan ukuran cincin, baik membesarkan ataupun mengecilkan. Dengan demikian, cincin akan terasa pas dan nyaman ketika dipakai.

So, itu tadi adalah empat tips sederhana tentang bagaimana cara memilih sepasang cincin tunangan yang tepat. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda dan pasangan Anda.